A. Hakikat Pemasaran
Pemasaran adalah sistem pertukaran American Marketing Association mendefinisikan pemasaran sebagai "Kegiatan dan proses menciptakan, mengkomunikasikan,
menyampaikan dan menukar produk yang memiliki nilai di mata konsumen, klieen,
partner dan masyarakat umum."
Pemasaran dibuat untuk menjaga
kepuasan konsumen. Dengan berfokus pada kegiatan konsumsi, dapat disimpulkan
bahwa pemasaran adalah salah satu faktor dasar dalam manajemen bisnis.
1. Aspek-Aspek
yang Dikenalkan dalam Pemasaran
Orientasi dasar pemasaran terletak
pada pertanyaan apakah produk yang dibuat oleh produsen dapat memenuhi
kebutuhan konsumen. Dari orientasi dasar tersebut, kita dapat bagian-bagian
dari orientasi, yaitu:
a. Orientasi
pada produk
Produsen selalu menekankan pada kualitas
produk. Dengan kata lain, selama produk yang dihasilkan tetap berada pada
standard vang tinggi, konsumen akan membeli produk tersebut. Pengenalan produk
akan berhasil dengan maksimal jika produsen memiliki pandangan yang bagus
tentang kebutuhan dan keinginan konsumen.
b. Orientasi
pada penjualan
Produsen yang fokus pada
pengenalan penjualan akan lebih mementingkan aspek penjualan daripada konsumen.
Produsen tersebut akan lebih mementingkan promosi daripada produk yang akan
memenuhi kebutuhan konsumen. Jadi, produsen akan menjual barang yang sudah ada
dan memberikannya promosi yang mewah agar konsumen mau membelinya dengan harga
tinggi. Pengenalan penjualan akan berhasil apabila produk yang dijual adalah
produk yang memang laris di pasaran (permintaan tinggi).
c. Orientasi
pada produksi
Produsen yang berorientasi pada
orientasi produksi akan akan memproduksi suatu produk dalam jumlah yang besar.
Orientasi produksi akan dijalankan apabila produsen benar-benar yakin bahwa
produknya mampu menyerap banyak permintaan dari konsumen. Selain itu, produsen
juga harus yakin bahwa selera konsumen tidak akan berubah-ubah dengan cepat
d. Orientasi
pada pemasaran
Orientasi pada pemasaran mungkin
adalah orientasi yang paling sering digunakan di dalam pemasaran kontemporer.
Pada dasarnya, orientasi pada pemasaran adalah mensuplai produk yang kiranya
dapat menjadi kebutuhan konsumen.
e. Orientasi
pada konsumen
Banyak produsen yang masih berdiri
dengan menciptakan produk yang dapat dibeli dan dibutuhkan oleh konsumen.
Dengan kata lain, mengikuti selera konsumen adalah kunci dalam orientasi
terhadap konsumen.
f. Orientasi pada perusahaan
Dalam orientasi pada organisasi,
bagian pemasaran dianggap sebagai bagian terpenting dalam perusahaan. Informasi
dari bagian pemasaran akan digunakan sebagai panduan bagi bagian lain di dalam
perusahaan.
g. Kerja sama yang sama-sama menguntungkan
Di dalam transaksi pasar, perusahaan mendapatkan biaya kembali dan
keuntungan sedangkan konsumen mendapatkan barang atau produk yang mereka
inginkan, kepercayaan, dan garansi atas produk dari produsen. Hal itulah yang
dimaksud dengan kerja sama yang sama-sama menguntungkan.
2. Elemen
dalam Pemasaran
Pada awal tahun 1960an, Professor
Neil Border, seorang dosen Universitas Harvard mempelajari apa yang bisa
dilakukan oleh perusahaan untuk memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli
barang dan jasa. Borden mengusulkan bahwa segala aktivitas yang dilakukan oleh
perusahaan dikelompokkan menjadi istilah yang disebut dengan "Marketing
Mix" (Bauran Pemasaran). Pada tahun 1960an, Professor Jerome E McCarthy
membuat rumusan 4 elemen marketing mix yang terdiri dari:
a. Produk
Dalam kaitannya dengan pemasaran, produk berkaitan
dengan spesifikasi barang atau jasa dan bagaimana produk tersebut berfungsi
bagi kehidupan dan kebutuhan konsumen. Cakupan aspek produksi meliputi garansi,
jaminan dan fitur pendukung produk.
b. Harga (pricing)
Harga mengacu pada penetapan harga dan diskon pada
suatu produk. Harga tidak harus berkaitan dengan uang. Namun, harga adalah
sesuatu yang bias dijadikan alat tukar dalam mendapatkan produk tersebut,
misalnya energi, waktu, dan lain-lain. Harga adalah sesuatu yang harus dibayar
oleh konsumen untuk medapatkan suatu produk. Metode menetapkan harga biasanya
terdapat pada Sains tentang harga.
c. Distribusi (placement)
Distribusi adalah cara suatu produk sampai ke konsumen.
Unsur distribusi meliputi barang apa yang dijual, unsur geografis atas produk
yang dijual, dan segmen pasar mana tempat produk tersebut dilempar.
d. Promosi
Promosi berkaitan dengan aspek periklanan, promosi penjualan
(termasuk di dalamnya promosi yang bersifat pendidikan, publisitas dan
penjualan pribadi). Dalam aspek promosi, terdapat istilah permerekan
(branding). Permerekan adalah metode yang dipergunakan dalam mempromosikan
suatu produk, merek atau perusahaan. Nantinya permerkan tersebut digunakan
untuk membuat suatu rencana pemasaran.
Kerjakan tugas berikut ini Tugas 14
0 komentar:
Posting Komentar