Senin, 19 Oktober 2020

1. Pemaparan Diskriptif tentang Produk Barang/Jasa

Deskripsi produk adalah penjelasan singkat mengenai produk barang/jasa yang ditawarkan. Penjelasan sederhana mungkin cukup jelas bagi orang awam, namun investor/klien mungkin tidak memahami produk yang ditawarkan. Dalam melakukan pendeskripsian produk harus memperhatikan ketentuan-ketentuan berikut, yaitu:

a.       Menggunakan gaya bahasa lugas

b.      Tidak menggunakan jargon atau istilah khusus yang tidak awam.

c.       Jujur mengenai informasi produk

d.      Menekankan karakteristik unik yang hanya dimiliki produk.

e.      Menggunakan ilustrasilvisualisasi produk sebagai pendukung teknis. 

Deskripsi produk barang/jasa harus memiliki penjelasan sebagai berikut.

a.       Sebutkan nama merek produk dan visualisasi produk.

b.      Uraikan spesifikasi kondisi bentuk, jenis dan kemasan produk

c.       Uraikan kandungan isi atau unsur pembentuk produk.

d.      Uraikan manfaat kandungan isi produk

e.      Uraikan benefit penggunaan produk bagi konsumen

f.        Uraikan keunikan yang hanya dimiliki oleh produk

g.      Informasikan tentang hak paten/ hak cipta/ sertifikasi halal/ sertifikasi penghargaan co. ISO. 

2. Pemaparan Naratif tentang Produk Barang/Jasa

Kita dapat menggunakan naratif dalam menjelaskan satu produk/jasa. Naratif dalam produk/jasa digunakan untuk menjelaskan suatu rincian produk/jasa yang akan dipromosikan atau diproduksi. Naratif juga dapat digunakan dalam suatu pengungkapan dalam iklan bagaimana produk barang/ jasa tersebut dibuat. Dalam menjelaskan suatu produk barangjasa sering kali menggunakan jasa iklan untuk mempromosikan produk barang/jasa yang akan di iklankan, yang berarti iklan tersebut harus dapat menjelaskan bagaimana produk barang/jasa tersebut secara detail. Sebagai contoh: suatu iklan produk minuman kesehatan dapat menjelaskan bagaimana produk tersebut dibuat, apa fungsi produk minuman tersebut dan apa saja bahan-bahan yang digunakan dalam membuat poduk minuman kesehatan. Dengan langkah ini maka naratif dapat digunakan dalam membuat produk barang/jasa.


3. Argumentatif atau Persuasif tentang Produk Barang/Jasa

Apa yang harus kita persiapkan ketika kita ingin menjual suatu produk barang atau jasa? Kita harus mempunyai trik-trik yang jitu agar para calon konsumen tertarik dan mau membeli produk barang atau jasa yang kita tawarkan. Apabila dari awal calon konsumen sudah tidak tertarik dengan produk banrang atau jasa yang kita tawarkan, bagaimana mereka mau membeli? Bagaimana mereka percaya terhadap produk barang atau jasa tersebut?

Persuasif berisi ajakan, perintah ataupun bujukan untuk melakukan sesuatu hal pada produk barang/jasa. Persuasif sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu persuade yang artinya mengajak, membujuk, atau menyuruh. Persuasif biasanya bersifat subjektif karena isinya merupakan murni pandangan pribadi tentang suatu produk. Karena tujuannya untuk mengajak, maka tidak jarang dalam argumentasi sering kali ditemukan data-data pendukung sebagai penguat iklan produk barang/jasa, sehingga audience akan lebih yakin dan tidak ragu untuk melakukan apa yang disarankan oleh pengiklan.


Silahkan kerjakan Tugas 9:

Link Tugas 9

Posted by Rakhmi Rusdiani On Oktober 19, 2020 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

    Blogger news

    Blogroll

    About