Analisis
SWOT dalam Memetakan Peluang Usaha Produk Barang/Jasa
Kelayakan peluang usaha produk barang/jasa
dapat dilakukan dengan menerapkan metode SWOT. Analisis SWOT merupakan metode
perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strength), kelemahan (weakness),
peluang (opportunities), dan ancaman (threat) dalam suatu proyek
bisnis/wirausaha atau suatu spekulasi bisnis. Kegunaan analisis SWOT ini, yaitu
untuk mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam pengembangan usaha
produk barang atau jasa sebagai alat penyusun strategi.
Analisis SWOT dapat dilakukan dengan
mewawancarai pengusaha produk barang atau jasa dengan menggunakan kuisioner.
Aspek sosial, ekonormi, dan teknik produksi barang/jasa untuk mengidentifikasi
faktor internal dan eksternal yang memengaruhi keberhasilan usaha produk barang
atau jasa merupakan aspek yang ada dalam wawancara tersebut.
1.
Penetapan Kelayakan Produk Barang dan
Jasa
Berikut beberapa langkah dalam menganalisis
peluang usaha produk barang atau jasa yang perlu diperhatikan.
2.
Analisis Kelayakan Finansial
Pengertian analisis kelayakan finansial adalah landasan untuk menentukan sumber daya finansial yang diperlukan untuk tingkat kegiatan tertentu dan laba yang bisa diharapkan. Berikut langkah dasar untuk pemilihan alternatif dala analisis kelayakan finansial seperti dalam tabel berikut.
Analisis
SWOT usaha produk barang atau jasa
a. Analisis kekuatan (strength)
- Kecukupan modal sehingga dapat membuat promo dan pemasaran yang menarik konsumen
- Memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, dengan jumlah memadai untuk mengadakan pembuatan dan penjualan produk barang/jasa.
- Memiliki koneksi atau hubungan bisnis yang banyak. Kelebihannya yaitu dapat mempermudah untuk memasarkan produk barang/jasa.
- Tempat usaha yang mudah dicari dan dijangkau oleh konsumen dan customer
- Memiliki kualitas produk sehingga konsumen akan merasa senang karena produk barang jasa tersebut.
b. Analisis
kelemahan (weakness)
Analisa
terhadap permintaan konsumen mulai berkurang terhadap produk barang/jasa akibat
persaingan dengan wirausaha lainnya.
- Ditemukan karyawan yang memiliki pelayanan yang buruk.
- Banyaknya pembayaran tersendat yang dilakukan oleh konsumen, sehingga ada ketimpangan antara modal dengan keuntungan.
c. Analisis peluang (opportunities)
Oppartunities merupakan situasi atau kondisi yang merupakan peluang atau kesempatan di luar perusahaan atau organisasi yang bisa memberikan peluang untuk berkembang di kemudian hari. Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut.
- Kesempatan apa yang dapat kita lihat?
- Perkembangan tren apa yang sejalan dengan perusahaan atau organisasi kita?
d. Analişis
ancaman (threat)
Banyaknya usaha baru sejenis yang bermunculan, sehingga mengancam kerja sama dengan para pelanggan. Selain itu, ada bentuk atau cara dalam menganalisis usaha produk barang/jasa sebagai berikut.
- Menetapkan kelayakan usaha
- Ada beberapa langkah dalam menetapkan kelayakan usaha produk barangljasa, diantaranya sebagai berikut.
- Analisis kelayakan usaha
- Analisis peluang pasar
- Menentukan segmen pasar
- Sumber informasi pasar
- Uji coba menjual produk barang/jasa
3.
Analisis kelayakan keuangan
Melakukan
analisis kelayakan keuangan ini bertujuan untuk menentukan sumber daya modal
yang dibutuhkan untuk mempertahankan usaha produk barang/jasa. Analisis
kelayakan keuangan dapat berupa analisis kelayakan keuangan jangka pendek, jasa
menengah dan jangka panjang
4.
Membedakan persaingan
Melakukan analisis pesaing dengan usaha produk barang/jasa yang sama sangat penting untuk keberlanjutan usaha.
0 komentar:
Posting Komentar