Media Promosi dalam Usaha
Promosi sebuah produk atau jasa
kini semakin maju dan mudah dilakukan semenjak populernya sosial media. Semenjak kehadiran media sosial untuk promosi, promosi bisnis tidak hanya dilakukan via radio, media cetak atau televisi. Saat ini dapat disebut era
digital dimana media online merupakan wadah yang populer dimanfaatkan untuk
mempromosikan sebuah bisnis.
Hadirnya sosial media yang didukung oleh kekuatan internet saat ini berpotensi mendukung keberhasilan promosi suatu usaha atau produk dengan mudah, cepat dan murah, bahkan tanpa modal sama sekali. Apalagi dengan berbagai sarana beragam internet tools yang ada seperti website, blog, sosial media dan sifatnya yang global, real time dan praktis membuat kegiatan promosi usaha Anda akan lebih maksimal karena jangkauannya yang luas dan hampir tidak terbatas.
1. Jenis
Media Promosi Online
Dengan kemajuan teknologi sekarang ini, sangat banyak media
promosi yang dapat digunakan terlebih dalam media sosial. Selain media sosial
juga terdapat media promosi lainnya, yaitu:
a. Website
Majunya media internet membuat
website semakin diminati oleh masyarakat untuk mempromosikan produk
bisnisnya. Melalui website, Anda bisa mengiklankan produk bisnis lengkap dengan
spesifikasi dan kelengkapan informasinya. Pada website, Anda bisa mengiklankan
atau mempromosikannya melalui website pribadi, yang memang sengaja dirancang
khusus sebagai media promosi dari produk bisnis Anda, ataupun website orang
lain yang memiliki traffic yang cukup padat. Jika anda memilih website orang
lain sebagai media promosi, Anda dapat mengemas promosi dalam bentuk iklan yang
muncul di halaman website orang lain tersebut.
b. Jejaring
sosial
Maraknya media internet yang terus
mengembangkan eksistensinya, membuat berbagai macam jejaring sosial menjadi
sebuah media komunikasi yang tak kalah penting keberadaannya. Jejaring sosial
kini menjadi efektif dalam mengkomunikasikan sesuatu baik yang sifatnya
pribadi, umum, bahkan untuk kepentingan bisnis sekalipun. Anda dapat
mempromosikan barang atau jasa yang Anda tawarkan melalui jejaring sosial
kepada khalayak umum lewat dunia maya, seperti melalui jejaring sosial
Facebook, Instagram, Twitter, Blog, dan lain sebagainya. Berikut adalah
jejaring sosial yang bias digunakan sebagai media promosi online.
1) Facebook
Media sosial satu ini masih menjadi pilihan banyak
orang untuk menjalin komunikasi dengan rekan dan keluarga. Keberadaan mereka
menjadi salah satu alasan mengapa Facebook menjadi media sosial yang banyak
dijadikan media promosi online selain di situs bisnis. Penggunaan Facebook
sebagai media promosi pun diakui relatif mudah oleh para pemain bisnis online
bahkan tidak sedikit dari para pebisnis yang sudah memiliki toko fisik pun
memanfaatkan Facebook sebagai media promosi produk.
Tidak jarang juga bisnis yang sukses bermula dari
mengenalkan produk mereka melalui Facebook. Bagaimana cara agar promosi melalui
Facebook cukup sukses? Pertama. pastikan halaman utama Facebook Anda menarik
konsumen karena hal ini akan menjadi daya tarik yang membuat calon konsumen
memberikan Like. Like inilah yang menjadi langkah kedua yang harus Anda
dapatkan sebanyak mungkin. Ketiga, jangan lupa untuk mengenali target pelanggan
dengan mencari orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan halaman Facebook
Anda. Terakhir, fokuslah untuk membuat konten yang menarik.
2) Twitter
Selain Facebook, Twitter juga menjadi salah satu media
sosial online yang banyak digunakan sebagai media bisnis online. Meski awalnya
hanya didesain untuk bisa berbagal status yang terkenal dengan maksimal 160
karakter, kini Twitter mampu menjadi media yang cukup ampuh untuk memasarkan
produk. Media ini dinilai mudah dijangkau oleh pelanggan toko oriline manapun
karena dengan ponsel cerdas (smartphone) masyarakat dapat dengan mudah
mengakses microweb satu ini.
Beberapa cara untuk memaksimalkan promosi dan pemasaran
produk melalui Twitter adalah dengan memperbanyak jumlah follower, mengirimkan
tweet secara teratur, mem- promosikan situs secara teratur, menentukan waktu
posting tweet, menyewa buzzer untuk meningkatkan promosi, atau dengan saling
promo akun twitter bisnis online lainnya.
3) Instagram
Nampaknya media sosial satu ini sekarang sedang menjadi
primadona media bisnis online. Selain karena bisa menampakkan foto produk juga
karena caption yang bisa ditulis dengan lebih panjang dibandingkan Twitter.
Instagram juga mudah diakses dari ponsel cerdas dan sedang menjadi media sosial
pendongkrak eksistensi paling tinggi di kalangan anak muda. Inilah kesempatan
bagi Anda untuk mempromosikan produk dan bisnis dengan mudah karena calon
konsumen pun lebih banyak berkumpul di media sosial ini. Hashtag adalah salah
satu kekuatan promosi yang luar biasa jika Anda menggunakan Instagram sebagai
media bisnis. Selain itu, aktif berinteraksi dengan para pelanggan juga menjadi
salah satu trik yang bisa membuat pelanggan menaruh perhatian lebih pada bisnis
Anda.
4) Kaskus
Media sosial satu ini tidak perlu diragukan lagi kemampuannya
dalam mempromosikan produk. Kaskus dikenal sebagal market place yang banyak
digunakan untuk berjualan dan dianggap sebagai media sosial paling ampuh untuk
berbisnis terlebih dengan hadirnya Forum Jual Beli, Memang perlu Anda ketahui
bahwa tidak mudah melakukan promosi dan bisnis di Kaskus karena banyaknya
penipuan dari bisnis online yang bermula di media sosial ini namun bukan
berarti tidak mungkin Kaskus dijadikan media bisnis yang ampuh.
5) Google+
Media sosial pesaing Facebook yang bisa menjadi media
promosi dan pemasaran online Anda adalah Google+. Dengan menggunakan akun ini,
banyak pebisnis yang akhirnya mampu mempromosikan bisnis online mereka. Tahukah
Anda jika Youtube ternyata merupakan produk Google yang kini juga tidak kalah
ramai digunakan sebagai media promosi online? Beberapa cara mudah untuk
memaksimalkan penggunaan Google+ sebagai media bisnis online Anda adalah dengan
menyaring dan mengatur Gmail dengan Google+ Circles, membuat interaksi dengan
Hangouts, mengedit dokumen bersama dengan rekan, dan juga merencanakan serta
mengatur acara.
6) Market Place
Selain menggunakan media sosial seperti yang disebutkan
di atas, Anda juga bisa menggunakan situs marketplace seperti OLX.co.id,
tokobagus.com, elevenia.com, dan lain-lain. Marketplace ini sangat membantu
para pebisnis online untuk memiliki halaman toko mereka sendiri dan melakukan
aktivitas promo dan pemasaran produk mereka. Tidak jarang para pemilik bisnis
yang sudah memiliki toko fisik pun membuat halaman toko mereka di berbagai
marketplace guna memperluas jaringan dan mendapatkan lebih banyak konsumen.
7) Blog
Media satu ini memang memiliki kemiripan dengan website
secara sekilas namun peng- gunaan blog hanya sebatas untuk mendukung usaha
promosi. Caranya dengan memuat berbagai artikel seputar bisnis dan produk toko
online bahkan jika Anda mau memuat benta terbaru mengenai toko onine Anda dan
menunjukkan prestasi yang sudah diraih. Untuk semakin mengoptimalkan
penggunannya, banyak dari pebisnis online yang menggunakan blog juga
menggunakan teknik SEO guna semakin menarik lebih banyak polanggan
8) Email marketing
Email marketing dianggap sebagai metode kuno di antara
media online lainnya namun jangan remehkan kekuatan media satu ini. Email
marketing dikenal memiliki kekuatan yana cukup besar untuk melakukan promosi
secara online karena ini merupakan sumber besar untuk mengirimkan berita
promosi hingga penawaran produk terbaru pada para pelanggan.
9) Youtube
Website broadcast yang didirikan pada tahun 2005 ini telah menjadi media banyak orang dalam mengekspresikan diri mereka melalui video. Youtube merupakan salah satu website yang saat ini sangat diminati oleh banyak orang dari segala golongan, usia dan jenis kelamin. Oleh karena mempromosikan bisnis di Youtube sudah merupakan bagian wajib dari sebuah rencana promosi suatu usaha.
Tips
Menggunakan Media Promosi Online
Berikut adalah tips dan cara dalam
mengembangkan bisnis dengan menggunakan media promoši online.
1) Optimalkan "Bio" pada Sosial
media Kamu
Apakah Anda siap untuk terhubung dan
berinteraksi dengan orang yang tepat? Maka lengkapi profil sosial media, dan
optimalkan profil dan kata kunci Anda. Pastikan bahwa dunia tahu siapa Anda,
apa yang Anda lakukan dan bagaimana Anda dapat membantu klien potensial dalam
bio Anda.
2) Bergabunglah dengan Google Plus dan
aktifilah pada media tersebut
Ingin mudah ditemukan? Maka buat akun
dan bergabunglah di Google Plus! Karena Google Plus memiliki korelasi langsung
dengan hasil pencarian Anda pada search engine Google, Ini berarti bahwa tidak
cukup hanya bergabung dengan jejaring sosial, namun Anda juga harus terlibat
aktif.
3) Berinteraksi lewat "Google Plus
Hangouts"
Google Plus Hangouts adalah cara yang
baik untuk dapat bertatap muka dengan orang- orang yang telah terhubung dengan
Google Plus. Mirip dengan Skype atau Facetime, Hangouts mudah digunakan dan
sederhana untuk diakses melalui akun Google Plus Anda.
4) Gunakan "Twitter Lists"
Cara cepat untuk bergabung dalam
percakapan dan tetap terhubung dengan kelompok tertentu adalah menambahkannya
ke dalam daftar. Gunakan Twitter Lists ke grup bersama orang-orang yang Anda
ingin untuk terlibat dengan mereka setiap hari. Kemudian tambahkan daftar ini
untuk "alat manajemen pihak ketiga" favorit Anda dan tinjau setiap
hari.
5) Pin gambar-gambar kustom ke "Pinterest"
Membuat grafis kustom untuk konten asli Anda dan "pin" ke Pinterest adalah cara promosi online terbaik untuk membuat bisnis Anda dapat terlihat oleh para penonton yang baru, Pin gambar Anda, berbagi ke Twitter dan kemudian gunakan gambar yang sama di Google Plus.
0 komentar:
Posting Komentar